Blog

Sejarah Permainan Bola Voli

slider10
Blog

Sejarah Permainan Bola Voli

Sejarah

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

Sarana dan Prasarana Permainan

Lapangan permainan

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter.[3] Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter.

Bola

Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Net

Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter.

 

Sumber dan selengkapnya:

https://id.wikipedia.org/wiki/Bola_voli

Comments (5)

  1. Aurel Maharani Putri

    Pak ukuran Net putra dan Net Putri tingginya ko berbeda
    Pak munir Berarti bolanya berat ya pak
    Kalau timnya lawanya cewe cowo atau cowo dengan yang cowo cewe dengan yang cewe atau enggak cewe dengan cowo

    03/09/2020 at 6:02 PM
    |Reply
  2. Aurel Maharani Putri

    Pak Ko Net cowo dengan cewe berbeda ya
    Kalau pemainnya boleh cowo atau cewe ya
    Cewe dengan cowo bertim atau beda tim pak
    Jd bolanya berat ya pak

    03/09/2020 at 6:03 PM
    |Reply
  3. […] Sumber PBVSI.Or.Id […]

    29/09/2020 at 1:34 AM
    |Reply
  4. koji Tsuzurabara

    I’m texting for the first time.
    My name is Koji Tsuzurabara.
    I am a professional coach working abroad.
    I am currently coaching the Chinese Taipei Women’s National Team.
    The contract with the Taiwan Association expires this month.
    I’m looking for a team that can work from next month.
    Would you like to sign a contract as a staff member of the national team?
    I can coach both men’s and women’s teams.
    Also, if the national team is not possible, please introduce a domestic team.
    I can contribute to the spread and improvement of volleyball in your country.
    What do you think?
    please think
    Best regards

    Koji Tsuzurabara

    22/09/2022 at 9:15 AM
    |Reply

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *